DASAR PERTIMBANGAN PEMILIHAN MEDIA
- Alasan teoritis pemilihan media
Alasan pokok pemilihan media dalam pembelajaran di dasarkan kepada konsep pembelajaran sebagai sebuah sistem yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang terdiri atas sejumlah komponen yang saling terkaitan untuk mencapai tujuan. Pentingnya pemilihan media dengan melihan kedudukan dalam pembelajaran dapat dilihat dengan model sistem pembelajaran yang dikemukakan oleh Gerlach dan Eli.
- Alasan praktis pemilihan media
Menurut Arif Sudiman
- Demonstration
- Familiarity
- Clarity
- Active Learning
KRITERIA PEMILIHAN MEDIA
- Kriteria umum pemilihan media
- Kesesuaian dengan tujuan
- Kesesuaian dengan fasilitas
- Kesesuaian dengan gaya belajar
- Kesesuaian dengan gaya materi
- Kesesuaian dengan gaya karakteristik siswa dengan teori
- Kriteria khusus
- Access
- Cost
- Technology
- Interactivity
- Organization
- Novelty
PROSEDUR PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Prosedur dalam pemilihan media secara umum dalam 2 format, menurut Arif Sadiman :
- Format pemilihan media
- Format howchart
Menggunakan sistem pengguguran atau eliminasi dalam pengambilan keputusan jika salah satu beropsi tidak maka gugur dan berpindah kepada langkah selanjudnya.
- Format matrik
Menggunakan proses keputusan pemilihan sampai semua kriterianya dipertimbangkan
- Format cheklist
Mennangguhkan proses keputusan pemilihan sampai semua kriteria yang dipertimbangkan.
Prosedur Pemilihan Model Assure
Menurut model ini apabila kita akan memilih media lakukan dengan mengikuti prosedur sesuai tahapan ASSURE Untuk lebih jelasnya kita uraikan masing- masing kata tersebut.
A: Analisis Learner Characteristics
Tahap pertama adalalah melakukan analisis terhadap karakteristik siswa.
S: State Objectives
Menentukan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan tercapai.
S: Select Modify or Design Materials
Kegiatan memilih media, memodifikasi media yang sudah ada atau merancang sesuai kebutuhan. Langkah ini dilakukan sesuai dengan langkah dua di atas yaitu penentuan tujuan/kompetensi
U: Utilitize Materialas
Menggunakan media yang telah dipilih sesuai dengan tujuan lalu media digunakan dalam pembelajaran.
R: Require Learner Respose
Mengamati respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran.
E: Evaluate
Adalah tahap terakhir dalam model assure dalam hal ini evaluasi diarahkan untuk mengukur penguasaan siswa terhadap materi yang diberikan dengan menggunakan media.
Prosedur Pemilihan Media Model Anderson
Komponen yang menjadi fokus perhatian adalah tujuan, metode dan karakteristik media itu sendiri. Tujuan berkaitan dengan efektivitas media yang dibuat, artinya baik atau tidaknya sebuah media yang dipiilih dapat dilihat dari ketercapaian tujuannya, semakin banyak tujuan pembelajaran tercapai maka semakin baik media tersebut, begitu juga sebaliknya.
Tahap –tahap pemilihan media model anderson:
- menentukan karakteristik pesan yang akan disampaikan
- mengkaji bagaimana metode yang tepat sesuai dengan karakteristik pesan pembelajan
- Pesan pembelajaran perlu dianalisis lebih operasional terutama kaitannya dengan karakteristik tujuan
- menentukan media yang cocok dan sesuai dengan tujuan dan sesuai dengan karakteristik siswa
- Langkah terakhir adalah melakukan perencanaan untuk pengembangan dan produksi media.Evaluasi perlu dilakukan untuk mempertimbangkan lebih matang kelebihan dan kekurangan media yang telah menjadi pilihan.
- Langkah terakhir adalah melakukan perencanaan untuk pengembangan dan produksi media.
Merancang Media pembelajaran dengan anderson model